Karya Tulis Guru TMBB V Januari 2023 SMPN 2 Ngamprah
Karya Tulis Kepala Sekolah dan Guru TMBB V
Bulan Januari 2023
SMPN 2 Ngamprah
1. Agus Samsu Permana, S.Pd, M.Pd
Pembelajaran
Efektif
dan Menyenangkan
Oleh : Agus Samsu Permana
Pembelajaran adalah proses
interakasi antara pemberi dan penerima
ilmu. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan tidak mudah untuk
dilaksanakan, simbol-simbol pembelajaran harus dimiliki oleh pemberi ilmu.
Diantaranya simbol penguasaan materi, tujuan,
teknik, metode, strategi pembelajaran yang dimiliki oleh
pendidiknya, dan rasa ikhlas pendidik
untuk mentransfer keilmuannya. Simbol simbol tersebut penulis uraikan sebagai berikut :
1.
Penguasaan
Materi
Berdasarkan
Undang Undang RI No. 14 tahun 2005 seorang guru harus memiliki kompetensi Petama, kompetensi pedagogik, kemampuan mengelola pembelajaran
peserta didik, kedua, kompetensi
kepribadian, kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif dan
berwibawa serta menjadi teladan peserta didik, ketiga, kompetensi profesional, kemampuan penguasan
materi pelajaran secara luas dan mendalam. Keempat, kompetensi sosal, kemampuan guru untuk berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik,sesama
guru,oran tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
Berdasarkan
hal tersebut, guru dituntut harus memiliki kompetensi. Salah satu kompetensi
adalah kompetensi propesional. Menurut Aan Hasanah (2012:41) Kompetensi
profesional yaitu selalu meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan
sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknonogi dan seni. Kemampuan
guru secara profesional memungkinkannya membimbing peserta didik dan memenuhi
standar kompetensi.
2.
Tujuan
Pembelajaran
Adalah
tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran, dimana tujuan
pembelajaran tersebut dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau deskripsi yang
spesfiik.
3.
Teknik
Pembelajaran
Teknik
merupakan suatu alat yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan bahan bahan
pengajaran yang telah dipilih untuk peserta didik. Teknik yang diplih haruslah
sesuai dengan yang digunakan dan seirama dengan pendekatan yang digunakan.
4.
Metode
Pembelajaran
Suatu
proses belajar itu tidak hanya sekedar proses memberi pelajaran saja. Akan
tetapi meode pembelajaran itu terdapat proses penerimaan ilmu dari guru kepada
peserta didiknya.Nah, tentunya seorang guru harus bisa mentransfer ilmu kepada
muridnaya dengan metode metode yang tepat. Jadi metode pembelajaran merupakan
suatu proses yang sistematis dan teratur
yang dilakukan pendidik dalam penyampaian materi kepada peserta didiknya.Dengan
adanya cara ini maka diharapkan proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik.
Oleh karena itu pendidik harus bisa mempelajari varian metode pembelajaran
dengan seksama.
5.
Strategi
Pembelajaran yang dimiliki oleh pendidiknya
Strategi
Pembelajaran menurut Hamzah B.Uno (2008:3) adalah cara cara yang digunakan
pendidik untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses
pembelajaran. Strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang akan
diajarkan, agar anak didik dapat benar benar menangkap materi dan memahaminya
dengan baik serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari
6.
Rasa
Ikhlas Pendidik untuk mentransfer keilmuannya
Kita
mengetahui bahwa pendidikan hendaknya dilakukan dengan hati lewat rasa kasih
sayang, keikhlasan, kejujuran, keagamaan (spiritual) dan suasana kekeluargaan.
Seorang guru harus ikhlas dalam memberikan bimbingan kepada para siswanya
sepanjang waktu, tidak terbatas hanya di dalam ruang kelas saja, dimanapun
seorang guru berada, dia harus sanggup
memainkan perannya sebagai seorang pendidik yang sejati.
“
Menciptakan Metode Pembelajaran Variatif “
Oleh
:Eva Aryanty,S.Pd
SMP
Negeri 2 Ngamprah
P |
ernahkah
kita bertanya kepada murid, apakah pembelajaran yang kita lakukan selama
dikelas membuat mereka jenuh dan membosankan. Jika kita sudah pernah mengajukan
pertanyaan seperti itu, terus apa yang harus kita lakukan? Padahal kita sudah
mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk membuat pembelajaran lebih
menyenangkan dan bermakna buat peserta didik kita. Bagaimana seharusnya
menciptakan pembelajaran variatif dikelas yang tidak monoton dan berkesan.
Bahkan sampai membuat kita dan murid betah dan tidak mau beranjak dari kelas. Sebenarnya
metode pembelajaran variatif itu adalah kombinasi metode pembelajaran dengan
tujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Kenapa MPV penting sekali karena
profil keterampilan siswa abad 21 seperti Creative and Innovative,
Collaborative, Comunicative dan Critical Thinking harus dikembangkan dalam diri
siswa. Apalagi sekarang kita sudah memasuki kurikulum merdeka dimana seorang
guru harus mengetahui setiap kebutuhan siswanya. Tidak semua siswa memiliki
kompetensi yang sama apalagi gaya belajar yang berbeda tiap individunya.
Dibutuhkan metode pembelajaran yang variatif meliputi variasi gaya mengajar,
variasi menggunakan media dan bahan pengajaran dan variasi interaksi antara
guru dengan siswa. Jika guru memberikan pembelajaran yang variatif secara
maksimal berganti metode disetiap pertemuan dikelas atau melakukan kombinasi
antara beberapa metode pasti siswa akan gampang memahami apa yang dijelaskan
oleh gurunya minimal mereka ingat beberapa kalimat atau kata yang kita
sampaikan. Beberapa metode pembelajaran variatif (MVF) seperti Project Based
Learning, Teacher centered, Montessori, Inquiry Based Learning, Flipped Classroom,Cooperative
Learning, Student Centered-Constructivist Approach dan Personalized Education.
Semoga dengan beberapa metode variatif ini mampu mengembangkan kompetensi
setiap siswa .Tidak ada guru yang sempurna
maka jadilah guru yang mau terus belajar untuk kemajuan siswanya.
PANTUN
Sepeda yang bergetar
Kaki terkena luka yang perih
Rajinlah belajar
Sukses masa depan akan diraih
Hari minggu bangun buru-buru
Karena akan bermain bersama teman
Anak baik harus hormati guru
Agar jadi murid yang budiman
Tali kabel sudah putus
Pantas saja terasa kasar
Jika ingin segera lulus
Maka rajin-rajinlah belajar
4. Wenni Wulandari Gustaman, S.Pd.
DUA SAYAP HIDUPKU
Suamiku…
Keadaan memaksamu menjadi dewasa.
Harus berdiri di antara tuntutan dan
harapan.
Kau menangis, tapi segera kau hapus.
Kau ingin marah.
Tapi tak ada alasan untuk
melampiaskan.
Nak…
Bersabarlah.
Dunia panggung sandiwara.
Tumbuhlah dengan baik.
Bersikaplah selayaknya Satria.
Jadikan semua tantangan sebagai
kekuatan.
Sampai pada akhirnya semua berbuah manis.
5. Ai Wattini S, S.Pd.
Semangat Tahun Baru
Melewati
waktu yang terus berjalan
Bertemu
dengan hari dan bulan
Banyak hal
yang sudah kita lalui
bersama suka
dan duka
Tahun ini
bersyukur akhirnya kita bertemu
Meskipun
entah apa yang akan terjadi
Semoga
harapan yang terbaik
Tahun ini
memupuk kembali semangat
dalam
melewati hari demi hari
Semangat
diri
Semangat
hidup
Semangat
pada harapan
6. Anggung Ambarwati, S.Pd.
PUISI
RAKYAT
Membuat sambal pakai tomat
Lebih enak terasa pedasnya
Sekolah mana yang paling hebat?
SMPN 2 Ngamprahlah tentunya
Janganlah jadi manusia sombong
Saat susah tak ada yang menolong
Di wajah ada hidung dan mata
Ada bibir yang warna merah
Teruslah berusaha menggapai cita
Jangan ada kata menyerah
Semangatlah mencari ilmu
Jangan sampai merasa jemu
Ditambah doa dari orang tuamu
Dengan impian pasti bertemu
Untukmu Suamiku
Kau bukan Ali bin Abi Thalib idolaku,
Kau pria ramah, suamiku,
Menemani siang dan malamku,
Dalam suka dan dukaku,
Dalam gelap dan terangku..
Kau bukan Umar yang gagah di medan perang,
Kau pria kurus, suamiku,
Ayah dari anak-anakku,
Pelindung untuk keluargaku,
Pembimbing menuju surgaku..
Kau hanya lelaki biasa,
Imamku yang luar biasa,
Kesabaran dan kelembutan kata,
Membawaku menuju bahagia..
Tetaplah disini, aku butuh dirimu,
Cinta, kasih sayang dan kesabaranmu,
Semua yang ada pada dirimu,
Bersama menuju surga yang
dirindu..
Senantiasalah memegang kesabaran,
Tetaplah menjadi panutan,
Semoga kelak dipersatukan Tuhan,
Di dalam Surga-Nya yang menawan..
Comments
Post a Comment